Anda Harus Tau

Rumah adat Kalimantan Tengah yang masih utuh walaupun sdah usang dan tua termakan usia. 

Tampak di dalam Rumah Betang



Mandau , senja khas Kalimantan Tengah yang digunakan suku dayak pada jaman dahulu untuk perang dan keperluan lainnya.
Mandau



Tombak, senjata yang sering digunakan masyarakat Kalimantan khususnya delang untuk berburu kehutan.
Tombak




Tameng , alat perlindungan diri dari serangan musuh saat perang biasanya diukir\diberi gambar dengan ukiran khas dari daerah masing-masing. Terdapat ratusan suku dayak di kalimantan sehingga terkadang ciri khasnya berbeda-beda bahkan dalam ukiran kesenian.
Tameng



Tuak, adalah minuman khas Kalimantan Tengah biasanya untuk hidangan acara seperti pernikahan, kematian, tewah, penyambutan tamu dan lain sebagainya. Tuak dibuat dengan cara fermentasi yaitu beras ketan yang diberi semacam ragi(kurang lebih seperti pembuatan tape). Apabila mengkonsumsi minuman ini jangan terlalu banyak karena mengandung alkohol yang dapat memabukkan.
Tuak(minuman khas Delang)


Air terjun Senggilipan merupakan tempat wisata yang ada di Delang. Untuk menuju ke tempat ini hanya diperlukan sekitar 15-20 menit dari pusat desa Kudangan mengunakan kendaraan bermotor.
Air terjun senggilipan



Setongah, sungai yang jernih dengan bebatuan disekitar sungai. Tidak jauh  perjalanan menuju ke air terjun senggilipan(sebelum). Untuk menuju ketempat ini diperlukan waktu sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Dinamakan sungai setongah karena air nya hanya setengah (setongah=setengah) dan ada yang mengatakan karena merupakan separuh perjalanan menuju desa selanjutnya yaitu desa Sekombulan dan Kubung.
Setongah(sungai setongah)




Anda Harus Tau Anda Harus Tau Reviewed by sahabat kabar on 20:35 Rating: 5

No comments

Download